JAKARTA // propamnewstv.id – Suasana di lingkungan SMP Negeri 89 Jakarta terasa lebih meriah dari biasanya menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Republik Indonesia. Ratusan siswa dari berbagai tingkatan kelas bahu-membahu menunjukkan semangat patriotisme mereka dengan cara yang unik dan inspiratif, mendaur ulang sampah plastik bekas menjadi aneka hiasan bernuansa merah putih.
Di tangan-tangan kreatif guru dan siswa, sampah plastik yang semula tidak bernilai kini berubah wujud menjadi hiasan gantung, lampion, hingga pot bunga yang menghiasi setiap sudut sekolah. Mulai dari gerbang utama, koridor kelas, hingga lapangan upacara, semuanya kini semarak dengan dekorasi hasil karya siswa siswi SMPN 89 jakarta.
Kegiatan yang diinisiasi oleh OSIS dan MPK serta didukung penuh oleh pihak sekolah ini bertujuan untuk menanamkan dua nilai penting sekaligus. Pertama, membangkitkan rasa cinta tanah air dan semangat gotong royong dalam menyambut hari kemerdekaan. Kedua, mengedukasi siswa tentang pentingnya daur ulang dan tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan.
Kepala SMPN 89 Jakarta, Nursehat, M.Pd., menyatakan kebanggaannya terhadap inisiatif para siswanya. “Ini adalah wujud nyata dari pendidikan karakter. Kami tidak hanya ingin siswa cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki jiwa nasionalis, kreatif, dan peduli pada lingkungan,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Selasa (12/8/2025).
“Melalui kegiatan ini, mereka belajar bahwa merayakan kemerdekaan tidak harus dengan biaya mahal. Dengan kreativitas, barang bekas pun bisa menjadi karya yang membanggakan dan penuh makna,” tambah beliau.
Salah seorang siswa kelas VIII E,Bunga Syifa salsabila, mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini. “Seru,keren dan sangat senang sekali bisa ikut menghias sekolah bersama teman-teman. Awalnya tidak menyangka kalau gelas bekas yang kami kumpulkan dari rumah bisa jadi sebagus ini. Selain sekolah jadi cantik untuk 17-an, kami juga jadi lebih sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya dengan gembira.
Penulis : Benny.c








